Gengsi Ku Tidak Semurah Gengsi Mu

Secara gak sadar kita kadang menjalani hidup ini penuh dengan rasa egoisme yang tinggi. Memang sih sepatutnya manusia hidup demi mementin...

Secara gak sadar kita kadang menjalani hidup ini penuh dengan rasa egoisme yang tinggi. Memang sih sepatutnya manusia hidup demi mementingkan diri sendiri, tapi karena penerapan hal tersebut terlalu besar, maka dampaknya adalah kerugian yang signifikan.

Dilihat dari kenyataanya, rasa egoisme yang muncul dalam diri kita biasanya datang disaat kita merasa lebih ‘mampu’ (dalam hal apapun) ketimbang orang lain. Hal ini yang membuat kita berfikiran untuk menumbuhkan rasa ‘kemampuan diri’ yang lebih dihadapan orang lain (Jago main kelereng misalnya), dan cenderung untuk acuh terhadap seseorang yang menurutnya dibawah kategori ‘mampu’ tadi.

Hal tersebut terbukti, dan salah satunya bisa terlihat dari rata-rata manusia saat ini yang kebanyakan lebih mementingkan brand ataupun trend demi kebutuhan sandang mereka, yang harus segera dipenuhi tanpa melihat manfaatnya terlebih dulu (Butuh kagak, yang penting gayak). Lumrah sekali terjadi sekarang ini, jika memakai suatu merk atau brand terkenal, lebih merasa punya ‘kelas’ ketimbang yang nggak pake. Atau dengan kata lain GENGSI nya besar.

Padahal kita semua tau kalo sebenernya dari dulu manusia menciptakan sesuatu itu berdasarkan kebutuhan yang emang bermanfaat banget untuk kehidupan, bukan untuk gaya hidupnya. Ambil contoh Thomas Alfa Edison, beliau adalah penemu bola lampu dan kita semua tau kalo penemuannya ini adalah salah satu yang paling berpengaruh vital bagi perkembanagan peradaban manusia. Beliau menciptakan penemuan tersebut karena bukan atas dasar rasa egoisme atau GENGSI tadi, tapi jauh lebih ke pemikiran visioner, melihat jauh ke masa depan.

Coba bayangin kalo Thomas Alfa Edison cuma menciptakan sebuah tren fashion dan bukan bola lampu. Misal beliau hanya berhasil menciptakan pensil alis menyala yang sebelumnya mengalami kegagalan sebanyak 1001 kali. Penemuannya ini kemudian dipublikasikan dan diterapkan ke seluruh penjuru dunia, semua orang akhirnya memakai pensil alis menyala ini. Dan dunia terasa gelap karena yang bercahaya hanya seoonggok alis dari para pengguna pensil alis menyala tadi.

Sungguh sejarah bakal kacau balau kalau hanya penemuan ini yang tercipta, maka dari itu para penemu atau ilmuan terdahulu sangatlah jauh dari pemikiran GENGSI dan gaya hidup glamour, dikarenakan semua itu demi berlangsungnya peradaban manusia yang lebih baik.

Lantas, kenapa sih setiap orang punya rasa GENGSI? Jawabannya... Karena setiap orang punya takaran rasa egoisme yang berbeda-beda. Takaran dari rasa egosime itu sendiri adalah sebuah bentuk dari tolak ukur GENGSI masing-masing individu, entah itu dilihat dari segi sosial, ekonomi ataupun lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, setiap individu menganggap bahwa GENGSI yang ia buat jauh lebih mahal dari GENGSI individu lainnya.

Hal inilah yang membuat seakan-akan setiap orang terhipnotis untuk mencoba terlihat lebih baik daripada orang di sekitarnya. Menganggap bahwa harga dirinya jauh diatas orang lain dan menanggap orang lain tersebut sebagai sumber ‘penonton’ dari apa yang ia perlihatkan secara tidak langsung, dalam artian ‘tersirat’.

Namun, salah jika kita mengira kalo GENGSI adalah bagian dari harga diri, yang kadang sampai rela dikorbankan hanya demi sebuah GENGSI. Menurut gua sendiri hal ini adalah suatu tindakan yang salah besar, kalo dipikir-pikir justru GENGSI lah yang menjatuhkan harga diri kita.

Padahal nih, emang kalau kita penuhi rasa GENGSI yang ada dalam diri kita, batin kita bakal puas? 

Ya tentu aja enggak dong. Karena yang namanya rasa kepuasan dari seorang manusia itu gaakan ada habisnya, bahkan malah terus menerus bertambah seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, GENGSI jadi salah satu hal yang merugikan diri kita sendiri.

Dilihat dari sisi lainnya, GENGSI adalah salah satu sumber dari segala masalah sosial, itu dikarenakan GENGSI menjadikan setiap individunya terlihat saling ‘show off’ satu sama lain dan hal itu membuat kesenjangan sosial menjadi semakin renggang layaknya hubungan dengan mantan... (Mantan pembantu maksudnya). Gua sendiri berfikir kalau GENGSI itu sendiri memang membuat kesenjangan sosial di masyarakat kita menjadi sangat jauh. Oleh karena itu dengan mengurangi GENGSI dari dalam diri kita sendiri dapat mengurangi kesenjangan sosial yang ada di negeri kita ini, terdengar lebay sih tapi salah satu solusinya bisa demikian.

Jika menyinggung hal yang sangat dekat dengan orang-orang di zaman sekarang ini bisa terlihat dari beberapa kebiasaan dan keseharian yang terbilang ‘Hitz’. Bisa diambil contohnya dari booming-nya Fidget Spinner selama beberapa bulan terakhir ini, dikarenakan fungsinya yang disebut-sebut sebagai alat penghilang rasa bosan atau penghilang stres. Mungkin secara fungsi alat ini mempunyai suatu hal yang positif dan berguna untuk keseharian kita, namun berbalik negatif jika tidak sesuai dengan fungsi penciptaan alat yang bentuknya mirip seperti gangsing itu.

GENGSI harus memiliki Fidget Spinner menyeruak dan cepat tersebar bak penyakit cacar yang menyerang rakyat Spanyol di zaman dulu, semua isi sosial media berisi tentang Fidget Spinner, berita tren di Line Today banyak yang membicarakan Fidget Spinner, dan sampai yang paling tidak lazim adalah orang-orang yang menebar GENGSI demi cap “yang penting gua punya Fidget Spinner” daripada melihat seperlu apa harus memiliki barang mungil berputar itu.

Tapi yang gua maksud disini, bukan hanya tentang Fidget Spinner, penjelasan barusan mencakup semua hal yang berhubungan sama GENGSI, entah itu harta ataupun status sosial yang menjadikan diri kita sendiri memiliki rasa egoisme tinggi pemicu GENGSI. Fidget Spinner hanyalah sebagai contoh yang sedang ‘Hitz’ saat ini dan semua orang tahu akan hal itu, karena pada dasarnya Fidget Spinner ini memang bagian dari tren dunia sesaat.

Hal lain penimbul rasa GENGSI pun sama seperti itu, membuat seolah-olah hidup kita lebih baik ketimbang orang lain yang padahal kita semua tau kalau kita semua diciptakan dari unsur yang sama, dari tanah, dan akan kembali lagi ke tanah untuk waktu yang tidak dipastikan kapan.

Mengatasi rasa egoisme tinggi pemicu GENGSI salah satunya dalah dengan mengetahui apa prioritas utama kita sendiri. Prioritas ini mencakup yang mana yang dibutuhkan dan yang mana yang hanya sebatas kemauan semata, pusing? Minum kombantrin... Seperti siput yang ingin mencari rumah baru, jika ia mencari sesuatu lain yang ia mau ketimbang prioritas kebutuhannya yaitu mencari rumah baru, siput itu selayaknya akan merasakan sebuah kerugian, walaupun puas secara keinginan, tapi hal tersebut tidak terpenuhi secara batin.

Sebuah pemikiran visioner atau pemikiran jangka panjang yang gua jelaskan di awal tadi adalah bagian dari solusi ‘pelebur’ GENGSI yang ada dalam diri kita. Memikirkan sebuah prospek kedepan jauh lebih baik ketimbang memuaskan GENGSI, siapa yang tau kalau kita punya pemikiran yang visioner, kita jadi punya kontribusi besar buat negara kita ini... (Jadi pemberantas generasi alay misalnya), ketimbang punya rasa GENGSI yang malah ujung-ujungnya cuma jadi selebgram penuh haters dan masuk pemberitaan di Line Today, sangat disayangkan bukan? (Just saying)

Oleh karena itu, ubahlah cara berfikir kita mulai dari sekarang dan tiadakanlah GENGSI dari diri kita masing-masing agar tercipta sebuah generasi dengan individu yang penuh dengan pemikiran subjektif dan objektif, bukan sebuah pemikiran yang sensitif.




“Yang tahu menahu soal diri kita adalah kita sendiri. Dan biarkanlah Tuhan yang menilai, manusia mana yang baik dan manusia mana yang ingin dilihat baik”

You Might Also Like

4 komentar

  1. BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

    Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

    ReplyDelete
  2. Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
    Hanya WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
    Tel .... (+ 44) 7480 729811
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  4. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete

Flickr Images